Rabu, 26 April 2017

Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot

Matapenaku34 - Setelah pada postingan sebelumnya tentang cara membuat blog, maka langkah selanjutnya yang harus dipahami bagi seorang blogger adalah Cara Posting atau menulis artikel di blog, dalam hal ini yang saya maksud adalah blogspot atau blogger.com

Oh ya saya lupa belum menyapa anda, Halo kawan Bagaimana kabar anda?

semoga baik, saya di sini juga Alkhamdulillah baik-baik saja dan juga sehat. Jangan lupa tetap kita ucapkan Puji Syukur kehadirat Alloh subkhanahu wata’ala.


Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot

Dari tutorial yang kemarin sudah kita bahas, apakah teman-teman sudah mencoba membuat blog, saya berharap anda sudah mencobanya dan sudah berhasil, saya yakin anda pasti berhasil karena langkap-langkapnya cukup mudah. Nah sekarang kita harus mulai mengisi blog kita dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Tulisan-tulisan tersebut biasa disebut dengan artikel yang nantinya akan menghiasi perjalanan blog kita.


Sebelum menulis artikel, anda harus menyiapkan dulu materi pembahasan yang akan dibuat, misal tentang alam, kesehatan, olahraga, komputer, pendidikan, dan lain sebagainya.  Sebagai pemula saya menyarankan agar anda membahas dalam satu tema agar lebih mudah dan tidak membingungkan, setelah umur blog anda sudah agak lama kurang lebih satu tahun lebih maka silahkan jika anda ingin menambahkan artikel yang berbeda tema dengan tema awal pembuatan blog, agar lebih bervariasi karena semakin banyak pembahasan dalam blog maka akan semakin banyak pula jumlah pengunjung blog anda, walaupun setahu saya tidak ada aturan baku harus seperti itu, namun ini saran saya secara pribadi saja, jika saran saya mau dipakai silahkan jika tidak dipakai juga tidak apa-apa.   ^_^

Teman-teman yang berbahagia, mungkin seperti itu dulu kata-kata pembuka dari saya, sekarang kita masuk dalam pokok pembahasan yaitu Cara Posting artikel diblog.

Sebenarnya cara posting artikel di blog bisa kita katakan cukup mudah, karena pada dasarnya seperti menulis email, bagi anda yang biasa menulis  email maka akan dengan mudah untuk memahami.
Ok, jangan lupa siapkan teh hangat atau kopi hangat dulu sobat, biar bisa nyantai walaupun serius, jangan terlalu tegang ntar cepet tua lho. Hehehe.. bercanda ^_^ 👌

Langkah-langkah Posting Artikel di Blog Blogspot
·        Silahkan login dulu ke https://blogger.com  menggunakan Email (Akun Google/Gmail), maka akan tampil gambar seperti di bawah ini.
Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot

Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot
  •        Lalu silahkan klik sign in. makan anda disuruh untuk Log in melalui Email Gmail anda. Tulis saja Email anda lalu klik berikutnya, setelah itu masukkan pasword anda atau kata kunci, lalu klik masuk/login. Maka setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.
  •  
Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot

·         Setelah itu silahkan klik Entri Baru yang berwarna Orange, maka akan muncul lembar kerja atau halaman editor artikel di blogger anda. Di sinilah tempat bagi para blogger untuk menulis artikel. Anda bisa menulis, mengedit, menghapus, mengganti warna font, menambah gambar, dan lain sebagainya.
     Lihat gambar di bawah ini.

Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot


Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot

·         Penjelasan isi di dalam halaman editor Blog.

Kode
Keterangan
Entri Judul Pos
Tempat memberi judul postingan
Lembar Kerja
Isi postingan anda
Menu-menu
Kelompok menu untuk merubah/mengedit warna tulisan, ukuran huruf/font, menambahkan gambar, menambah video, dan lain-lain
Label
Label Postingan
Jadwal
Tanggal artikel dibuat
Tautan Permanen
Tautan permanen (link artikel)
Publikasikan
Tombol untuk mempublikasikan artikel anda
Simpan
Tombol untuk menyimpan postingan anda  ke Draft (tidak ditampilkan sementara)
Pratinjau
Preview postingan anda sebelum dipublikasikan ke umum
Tutup
Tombol untuk menutup Halaman Posting artikel / lembar kerja



·         Setelah anda selesai membuat artikel, silahkan di simpan (save), lalu publikasikan.
·         Setelah itu silahkan di cek hasil kerja anda. Cek melalui alamat blog anda.
·         Sekarang hasil kerja anda (artikel yang tadi dibuat) sudah muncul di blog anda, dan itu bisa dilihat secara online kapan saja dan dimana saja di seluruh dunia.
   

      Contoh hasil posting atau menulis artikel :
Cara Posting atau Menulis Artikel di Blog Blogspot

Lihatlah dari bagian judul postingan, isi postingan, label, jadwal, tautan permanen, dan lain-lain. Silahkan dipahami dan dipelajari, dan berimprovisasi sendiri.


Kurang lebih seperti itu sobat cara menulis artikel atau posting artikel di blog, mudah bukan? Untuk selanjutnya silahkan sobat menulis artikel sebanyak-banyak di blog sobat, agar blog terlihat hidup dan banyak pengunjung, karena tanpa kedua hal tersebut sebuah blog akan terasa mati.

Oh ya perlu diingat sobat, menulis artikel didalam blog sebaiknya anda gunakan kurang lebih 200-300 kata dalam satu artikel ditambah dengan gambar, kalau bisa divariasi dengan tabel, Judul yang menarik, dan ada baiknya ditambah dengan Video, agar artikel yang anda buat lebih menarik dan bervariatif.

Demikian tutorial dari saya tentang Cara Posting atau Menulis Artikel diBlog Blogspot atau Blogger. Kurang lebihnya saya mohon maaf, karena saya adalah manusia biasa yang tidak mungkin lepas dari khilaf dan salah. Sampai jumpa pada Tutorial selanjutnya atau tahapan yang harus dilakukan oleh seorang bloger selanjutnya.

Jika masih kurang jelas atas tutorial di atas, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar. Gunakanlah kolom komentar itu dengan baik dan bijak, pakailah kata-kata yang sopan. 
Seperti yang tercantum dalam Dharma Pramuka ke 3 Yaitu Patriot yang sopan dan Kesatria.

Terima Kasih dan Semoga Sukses.

Untuk tutorial selanjutnya adalah cara setting menu-menu dasar di blog

Semangat.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda
Gunakanlah kata-kata yang baik dan bijak, santun dan sopan

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *